Home Motivasi 5 Tips Sederhana Memulai Usaha Sampai Memasarkan Bisnis Anda

5 Tips Sederhana Memulai Usaha Sampai Memasarkan Bisnis Anda

177
0
Tips Memulai Usaha Memasarkan Bisnis

Tips memulai usaha dan memasarkan usaha/ bisnis anda. Jika anda menemukan artikel ini, itu artinya anda sedang melakukan langkah besar dalam hidup anda, yaitu ingin memulai suatu usaha. Mengapa saya katakan langkah besar? Ya karena di Indoensia, sangat jarang sekali kita menemukan seseorang yang mau memulai usaha atau wirausahawan.

Menurut data dari Kementrian Koperasi, rasio wirausahawan di Indonesia cukup rendah, yaitu di angka 3,1 persen. Sebagai pembanding, Malaysia mempunyai rasio wirausahawan yang cukup baik, yaitu diangka 5 persen. Jadi begini, ketika kita ingin menjalankan bisnis, jangan banyak mikir. Mulai saja usaha atau bisnis anda.

Salah satu alasan orang sulit untuk berwirausaha yaitu karena terlalu banyak mikir, terlalu banyak pertimbangan ketika mau memulai usaha. Padahal, jika anda ingin memulai usaha, ya mulai aja. Percayalah, asal anda tidak mudah menyerah, maka alam akan mengantarkan anda dan memberi tahu anda bagaimana menjalakan bisnis.

Tips Sederhana Memulai Usaha

Nah, untuk meningkatkan rasa percaya diri anda dalam memulai usaha (bisnis), maka kali ini kami akan sampaikan 5 tips praktis memulai usaha. Jadi, yang sekarang sudah punya niat banget ingin memulai usaha, tapi bingung mulai dari mana, 5 tips memulai usaha yang akan kami sampaikan ini semoga membantu anda.

Tips Memulai Usaha 1 : Mulai Dari Hobi atau Passion Anda

Tips yang paling mudah ketika anda bingung ingin memulai usaha yaitu mencoba untuk memulai usaha dari hobi anda. Hobi atau passion adalah segala sesutu yang anda kerjakan sampai malam tidak capek, anda kerjakan berkali-kali tidak bosan, ketika anda menjalankannya anda merasa senang, anda tidak pernah mengeluk menjalankan itu, dan yang paling penting, anda rela berkorban (mengeluarkan modal) untuk menjalankan itu.

Misalnya anda hobi memasak, yang secara spesifik anda hobi memasak masakan jawa. Anda rela menghabiskan waktu berjam-jam di dapur hanya untuk memasak dan anda menikmatinya. Hal ini anda lakukan karena anda kangen dengan kampung halaman anda, mengingat sekarang anda tinggal di Jakarta.

Saran saya, jangan jadikan hobi anda memasak masakan jawa ini sebagai hobi semata. Dalamilah hobi anda ini, jika perlu perkaya lagi daftar masakan jawa yang mungkin bisa anda buat. Teruslah belajar memasak berbagai masakan jawa hingga anda menjadi master dalam memasak beraneka ragam masakan jawa. Jangan coba berpikir tentang bisnis terlebih dahulu, intinya anda harus bisa menjadi master dalam memasak beanekaragam masakan jawa terlebih dahulu. Jangan sampai anda menjadi “koki setengah-setengah”, yaitu bisanya masak ya masakan itu-itu saja, dan rasanya biasa-biasa saja. Masakan anda harus mempunyai karakter yang berbeda dari masakan yang lain.

Tips Memulai Usaha 2 : Salurkan Hobi kepada Manfaat

Maksudnya apa? Cobalah untuk menganalisis hobi anda, apakah ada orang yang akan membeli masakan anda, apakah masakan anda bermanfaat untuk orang lain, dan apakah ada orang yang berani membayar mahal untuk hobi anda itu.

Dalam tips memulai usaha yang kedua ini, anda harus menganalisis uraian di atas. Ketika hobi anda, dalam hal ini masakan anda bermanfaat untuk orang lain, orang lain mau membeli dan membayar mahal atas masakan anda, maka dalam hal ini, kita sudah mulai masuk dalam tahapan bisnis. Dan sebaliknya, jika masakan anda kurang bermanfaat dan jarang ada orang yang mau membeli masakan anda, ya sebaiknya anda coba untuk mencari hobi atau passion lain untuk dijadikan sebagai lahan bisnis.

Saya yakin jika memang anda tinggal di Jakarta dan bisa memasak masakan jawa dengan enak, maka akan ada banyak pelanggan yang data ke tempat anda. Mungkin saja, dengan memakan masakan anda, pelannggan anda yang sebagian besar berasal dari jawa akan mengingat kampung halamannya.

Tips Memulai Usaha Memasarkan Bisnis

Tips Memulai Usaha 3 : Fokus kepada siapa

Tips memulai usaya yang selanjutnya yaitu fokus pada siapa. Siapa dalam hal ini yaitu siapa yang nanti akan membeli atau membayar masakan anda. Bagaimana hobi mereka, umur konsumen anda berapa, asal mereka dari mana, pendapatan mereka berapa, dan sebagainya. “Siapa” ini nanti akan menjadi calon konsumen dan konsumen setia anda.

Tips Memulai Usaha 4 : Fokuslah Kepada Solusi

Jadikan hobi anda sebagai solusi atas kebutuhan orang lain. Sudah jelasnya…. Jadi, dalam menjalankan tips memulai usaha ini, hobi anda dituntut untuk dapat digunakan sebagai solusi. Solusi bagi orang-orang jawa yang merantau ke Jakarta dan ingin merasakan masakan jawa. Solusi bagi orang-orang yang rindu pada nuansa restoran jawa. Ada konsep yang bisa anda gunakan dalam tips memulai usaha ini, yaitu “before after”. Maksudnya adalah bagaimana orang-orang sebelum ada masakan anda (restoran anda) dan bagaimana orang-orang setelah ada restoran anda. Harapannya adalah, masakan atau restoran anda itu sebagai problem solving (pemecah masalah) bagi sebagian orang yang ingin memakan masakan jawa asli.

Orang lain juga membuka :
1. 5 Cara Berpikir Orang Orang Sukses – Pelajari dan Miliki
2. Pahami 3 Kesalahan Besar Para Pebisnis Pemula Berikut !

Tips Memulai Usaha 5 : 4P marketing

4P dalam marketing dikenal dengan sebutan Price, Place, Product, Promotion. 4P dalam marketing ini merupakan tips terakhir memulai usaha yang dapat anda lakukan. Apa itu 4P? Berikut ini kami berikan penjelasan lengkapnya tentang memulai usaha

1. Price atau harga. Dalam konsep ini, produk anda akan dibandingkan antara dua hal, yaitu harga dan manfaat. Idealnya, semakin tinggi manfaat suatu barang, maka harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Begitu juga dengan masakan anda. Bagaimana jika rasa masakan anda dibandingkan dengan manfaat yang dihasilkan. Jika memang sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka anda boleh-boleh saja menarik dengan harga yang tinggi.

2. Place atau tempat. Tempat disini bisa dimaknai tempat anda jualan dimana. Cukup strategis atau tidak, mudah dijangkau, akses parkir yang cukup, bagaimana bangunan atau fisik dari restoran anda, dan sebagainya.

3. Product atau produk. Anda harus fokus tentang bagaimana saya bisa membantu target market saya, dan bagaimana saya bisa membantu customer saya dengan produk yang saya tawarkan. Berpikirlah bagaimana produk anda dapat membantu pelanggan anda, jangan berpikir hanya pada produk anda. Tapi kebutuhan konsumen itu yang penting.

4. Promotion atau promosi. Nah, untuk tips memulai usaha dari konsep pemasaran 4P ini sangat relatif, sesuai dengan bagaimana bisnis anda berjalan. Tidak ada ilmu pasti tentang promosi. Promosi yang terbaik adalah promosi yang sesuai dengan bagaimana bisnis anda. Tapi di era teknologi seperti sekarang ini, hampir sebagian besar promosi menggunakan media internet, mulai dari beriklan di website, media sosial, dan sebagainya.

Demikian 5 tips praktis memulai usaha hingga memasarkannya. Jika anda punya pendapat lain, atau cara lain dalam memulai usaha (bisnis), kami tunggu pendapat teman-teman di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here