Home Investasi 5 Tips Cerdas Menghindari Utang dengan Gaji Pas-pasan

5 Tips Cerdas Menghindari Utang dengan Gaji Pas-pasan

263
0
Tips Cerdas Menghindari Utang dengan Gaji Pas pasan

Tips menghindari utang. Di era sekarang ini, ada banyak hal yang dapat dibeli dengan mudah. Mulai dari barang elektronik, laptop, handphone, fashion item, dan lain sebagainya. Bahkan meskipun anda tidak mempunyai uang tunai yang cukup, anda masih dapat membelinya dengan cara kredit (menggunakan kartu kredit) ataupun memakai fasilitas pay later.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang pada zaman sekarang sudah terjebak dalam gaya hidup yang konsumtif. Hal tersebut mengakibatkan gaji bulanan yang diterima seringkali sudah habis sebelum akhir bulan. Dan karena ada fasilitas kartu kredit, maka mereka pada akhirnya terlibat utang karena gaya hidupnya tersebut. Hidup dengan semboya “gali lubang tutup lubang” pun terpaksa harus dijalani. Uang gaji setiap bulan pun habis hanya untuk membayar utang saja.

Orang lain juga membuka : 9 Profesi Ini Bisa Membuat Perempuan Cepat Kaya! Wow Apa Saja?

Meskipun sudah ada banyak orang yang bernasib begitu, tentu kita jangan sampai ikut-ikutan ya… Agar hidupmu tidak berakhir seperti itu, yaitu hidup yang mempunyai banyak utang dimana-mana, inilah beberapa tips cerdas menghindari utang dengan gaji pas-pasan.

Tips Menghindari Utang 1 : Beli barang yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.

Yang pertama yang dapat kita lakukan untuk menghindari utang yaitu mengetahui, apa saja yang kita butuhkan dan apa saja yang kita inginkan. Jika memang butuh, silahkan dibeli. Tetapi jika cuma ingin, ya dipikir-pikir dulu. Contohnya saja ketika kita merasa lapar, tentu yang kita butuhkan adalah makanan bukan? Kita bisa kok makan makanan sederhana, tidak perlu ke restoran mahal yang ada kemungkinan mengurangi uang kita.

Oleh karena itu, pastikan anda setiap bulan membuat daftar barang-barang yang hendak kamu beli. Ketika anda sudah mempunyai daftar tersebut, anda harus komitmen untuk tidak membeli barang selain yang tidak ada di dalam daftar. Jangan tergoda adanya diskon saat anda sedang belanja, karena sebagian besar orang mudah sekali tergoda dengan diskon. Lagi pula, belum tentu barang diskonan tersebut anda butuhkan bukan?

Tips Menghindari Utang 2 : Bergayalah sesuai dengan penghasilan

Yang selanjutnya yaitu bergaya sesuai dengan penghasilan anda. Berteman dengan orang-orang kaya raya memang penting, namun jangan sampai memberikan dampak negatif kepada anda. Jangan sampai pola hidup orang-orang kaya, yang sering nongkrong di kafe-kafe, memakai baju branded, makan siang di mall, mahal juga menular kepada diri anda.

Ambillah pelajaran positif dari mereka. Bagaimana mereka bisa menjadi orang kaya. Jika anda sudah menjadi orang kaya, ya tidak masalah jika anda nongkrong di tempat-tempat mahal. Hal ini karena gaya hidup seseorang biasanya ditentukan oleh lingkungannya. Kalau gajimu tidak cukup, pada akhirnya kamu akan berutang sana sini untuk memenuhi tuntutan gaya hidupmu itu.

Jangan sampai mempunyai banyak utang hanya untuk memenuhi gaya hidup yang konsumtif dan hedonis. Bergayalah sesuai dengan penghasilan yang anda terima setiap bulan. Jika tidak sesuai dengan penghasilan, jangan memaksakan diri mengikuti gaya hidup orang lain. Yang perlu anda catat adalah, lebih baik di-cap tidak gaul, kurang update, atau tidak modis, dibandingkan hidup tidak tenang karena dikejar-kejar utang.

Tips Menghindari Utang 3 : Buatlah anggaran keuangan setiap periode

Tips yang selanjutnya agar terhindar dari utang adalah membuat anggara keuangan rumah tangga setiap periode. Bisa bulanan, triwulan, bahkan tahunan. Kami sarankan anda membagi uang gajimu menjadi beberapa amplop, misalnya untuk biaya makan, biaya hidup, biaya transportasi, biaya pulsa, dan lain-lain.

Kemudian catat semua pengeluaran yang anda lakukan. Dengan cara ini, anda dapat melihat apakah pengeluaran setiap bulan sudah sebanding dengan pendapatan atau pengahsilan yang kamu terima, atau malah besar pasak daripada tiang.

Tips Menghindari Utang 4 : Paksa dirimu untuk menabung

Tips yang keempat untuk menghindari utang adalah paksa diri kita untuk menabung. Minimal tabungan yang kita buat adalah 10% dari gaji anda setiap bulan. Nyaman atau tidak, suka ataupun tidak, anda harus menabung. Ketika menabung, waktu yang tepat adalah ketika anda mendapatkan gajian, langsung di tabung.

Jangan nunggu akhir bulan. Nanti tidak akan tersisa jika anda menabung di akhir bulan. Lalu bagaimana jika gajian anda ditransfer melalui rekening bank? Silahkan buat rekening lagi, yang khusus untuk rekening tabungan yang tidak anda ganggu-ganggu.

Tips Menghindari Utang 5 : Hindari membeli apapun secara kredit

Menurut kami, adanya fasilitas kredit seperti pedang bermata dua. Disisi lain membantu wirausahawan untuk mengembangkan usahanya, tetapi disisi lain ada orang pribadi yang mengandalkan kredit (kartu kredit) untuk belanja.

Nah, jika anda bukan seorang wirausahawan, kami sarankan untuk tidak membuat kartu kredit terlebih dahulu. Mengapa? Ya karena ketika anda melakukan transaksi apapun melalui kredit, pasti ada bunga yang harus anda bayar. Dan tentu saja ini bisa jadi tambahan pengeluaran anda setiap bulannya.

Orang lain juga membuka : 5 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Pas-Pasan

Kesimpulan

Demikian pemaparan kami terkait tips menghindari utang dengan penghasilan pas-pasan. Intinya, setiap bulan anda wajib menabung, tahu kebutuhan dan keinginan, dan jangan memaksakan diri mempunyai kartu kredit. Semoga dapat memberikan manfaat untuk para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here