Home Motivasi Apakah Seorang Introvert Bisa Sukses? Yuk Cari Tahu

Apakah Seorang Introvert Bisa Sukses? Yuk Cari Tahu

46
0
Seorang Introvert Bisa Sukses

Apakah seorang introvert bisa menjadi pribadi yang sukses? Mungkin sebagian dari kalian yang mempunyai kepribadian agak introvert sering mempertanyakan itu. Kalau iya, pernah nggak sih kalian ngerasa takut kalau kepribadian kalian ini akan menghambat kalian untuk bisa sukses? Mungkin menyadari bahwa supaya bisa sukses perlu banyak berinteraksi serta bekerjasama dengan orang lain tapi sebagai seorang introvert, kamu justru merasa tidak nyaman.

Sering-sering berinteraksi dengan banyak orang, merasa tidak enak mengungkap ini di depan banyak orang, dan mungkin juga takut hal ini bakal membuat menghambat untuk jadi sukses. Atau juga mungkin lo takut kalau misalnya kamu bakalan kalah saing sama ekstrovert yang notabene cenderung lebih suka berinteraksi dengan banyak orang dan mungkin juga lebih mudah dalam mengkomunikasikan ide-idenya di depan banyak orang.

Kalau menurut kalian seperti itu, maka perlu dipertanyakan keakuratan dari kekhawatiran kamu itu. Perlu kalian tahu bahwa kenyataannya banyak orang-orang sukses yang punya kepribadian introvert lho. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, akan kami bahas bagaimana seorang introvert bisa menjadi sukses beserta tips-tips seorang introvert menjadi sukses.

Apa itu Introvert (Bisa Sukses?)

Nah sebelum membahas tips seorang introvert bisa sukses kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan kepribadian introvert. Jadi kepribadian introvert itu definisikan sebagai kecenderungan seseorang untuk mencari energi. Energinya dari mana? Energinya berasal dari dalam diri dan berfokus sama hal-hal di dalam dirinya.

Dari definisi ini bisa disimpulkan bahwa kalau seorang introvert itu biasanya lebih pendiam, lebih suka menghabiskan waktu sama diri sendiri, dan lebih tertarik buat bekerja secara independen. Jadi ini masalah ketertarikan dan masalah energinya. Lantas, nyarinya dari mana energinya? Tentu dari dalam diri itu.

Seorang yang introvert biasanya jadi gampang ke distraksi kalau dia berada di lingkungan yang sangat menstimulasi. Misalnya ditempat yang. Lalu, karena cenderung lebih berfokus sama hal-hal di dalam dirinya, introvert biasanya jadi lebih memilih untuk memikirkan ide dan solusi dengan berkontemplasi sendiri (berpikir sendiri).

Mereka juga biasanya lebih memilih untuk mengungkapkan ide-ide dalam bentuk tulisan dari pada membicarakannya ke orang lain. Tapi introvert ini berbeda dengan sifat pemalu, berbeda dengan tidak suka dengan orang, dan berbeda dengan tidak bisa berinteraksi. Orang introvert sebenarnya bisa dan pandai berinteraksi dengan orang lain dan juga hangout sama temen. Hanya saja, seorang introvert bisanya membutuhkan istirahat lebih banyak, dengan mungkin biasanya menyendiri.

Sementara itu, lawan dari introvert adalah ekstrovert. Orang-orang ekstrovert cenderung mencari energi dari luar diri mereka dan suka berinteraksi dengan orang lain. Jadi orang-orang ekstrovert biasanya lebih memilih untuk berdiskusi dengan banyak orang supaya mereka bisa mendapatkan ide dan solusi. Mereka juga biasanya tidak mengalami masalah ketika berbicara di depan banyak orang.

Nah kalau dari penjelasan di atas tentang introvert dan ekstrovert, kita dapat mengetahui perbedaan utama antara kedua karakteristik itu, yaitu intinya ada di fokus mereka. Apakah ini menentukan seseorang sukses atau tidaknya seseorang? Sebenernya bukan satu-satunya faktor. Bahkan bisa jadi tidak berpengaruh besar karena untuk sukses kita butuh banyak faktor lain. Buka juga : 10 Faktor Penentu Keberhasilan Meraih Kekayaan/ Kejayaan

Jadi memiliki karakteristik introvert bukan berarti kalian tiba-tiba tidak bisa menjadi sukses. Bukan berarti jika kalian tidak dapat berinteraksi dengan orang lain, artinya kamlian tidak bisa jadi pemimpin. Jadi, tidak ya… Walaupun memang antara kepribadian introvert dan ekstrovert memang menjadi salah satu faktor, tetapi bukan faktor yang pengaruhnya besar. Lantas, bagaimana caranya nih supaya kalian bisa jadi introvert yang sukses?

1.Cari Pekerjaan yang Memanfaatkan Sifat Introvert

Langkah awal mungkin kamu bisa mencoba untuk mencari pekerjaan yang memanfaatkan sifat kamu sebagai introvert secara optimal. Mungkin kita cenderung terfokus sama keterbatasan introvert dalam interaksi sosial kalau misalnya dibandingin sama ekstrovert.

Seorang Introvert Bisa Sukses

Padahal karakteristik introvert juga bisa menguntungkan untuk jenis pekerjaan tertentu, misalnya pekerja kreatif. Kalau menurut Susan Cain yang menulis buku tentang “introvert”, ide kreatif cenderung muncul ketika seseorang sedang berfokus sendiri dengan pikiran-pikirannya. Cain menjelaskan bahwa para penulis terkenal seperti biasa JK Rowling itu mendapatkan ide ketika mereka sedang menghabiskan waktu sendirian. Buka juga : 9 Profesi Ini Bisa Membuat Perempuan Cepat Kaya! Wow Apa Saja?

2. Introver itu Nyaman Bekerja Sendiri

Selain itu introvert juga biasanya lebih nyaman untuk bekerja sendiri. Jadi, kamu bisa mencyoba mencari pekerjaan-pekerjaan yang sebagian besar menuntut kamu untuk melakukan hal tersebut. Misalnya menjadi peneliti data analyst, web developer, dan lain sebagainya.

Tapi, memilih bidang pekerjaan yang memanfaatkan karakteristik kamu sebagai introvert bukan berarti kamu harus sepenuhnya menghindari pekerjaan yang menuntut kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang ya. Jadi jangan terbatas dengan kepribadian kamu. Perlu diingat, bahwa interaksi sosial itu bisa dilatih, kemampuan public speaking bisa dilatih. Itu sangat berbeda dengan introvert atau ekstrovert.

Seorang Introvert Bisa Sukses

Itu juga berlaku pada jenis pekerjaan-pekerjaan yang kami sampaikan sebelumnya, juga kemungkinan kamu juga bakal tetep harus berinteraksi dengan banyak orang kan. Misal kalau kerja sebagai penulis script di sebuah channel youtube. Meskipun sebagian besar waktu kamu bisa bekerja sendiri ketika menulis, kamu tetep harus bisa berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain yang terlibat dalam pembuatan video. Entah itu misalnya editor, designer, storyboarder, dan lain sebagainya. Intinya kamu tetep wajib bisa berkomunikasi.

Nah tuntutan untuk berkomunikasi ini mungkin juga akan semakin kuat kalua kamu akan mengambil posisi sebagai pemimpin, leader, atau manajer. Misalnya kalau bekerja sebagai software developer. Kalau mau sukses dan jadi co-founder perusahaan teknologi, misalnya supaya seperti Microsoft tetap perlu bekerjasama dan berinteraksi sama orang, bahkan juga perlu untuk bisa public speaking. Jadi, untuk bisa sukses hal lain yang perlu kamu coba lakukan adalah berani keluar dari zona nyaman, dan coba aja gitu. Kalau awalnya aneh, rasanya dan gak nyaman, ya tidak apa-apa.

Mungkin kalo kamu ga yakin, kamu bisa coba latihan dulu. Kamu mungkin bisa coba tulisin ide-ide yang perlu sampaikan atau latihan ngomong sendiri. Cara ini dipraktekkan oleh Elon Musk yang mana dulu dia awalnya butuh latihan untuk bicara dengan jelas depan banyak orang, sampai akhirnya bisa melakukan itu dengan baik.

Selain latihan, kamu juga bisa coba untuk berakting. Misalnya kalau kamu sedang menjadi orang lain ketika sedang harus berinteraksi dengan banyak orang, atau ketika kamu ngelakuin public speaking. Maksudnya begini. Misalnya kamu harus memaparkan ide kamu di depan banyak orang ketika sedang meeting. Nah pas ngelakuin ini, kamu anggap aja diri kamu sebagai seseorang yang emang udah jago ngelakuin hal tersebut.

Cara ini juga dipraktekin sama aktor terkenal Meryl Streep. Ia mengaku kalau dia sebenarnya adalah seorang introvert, dan setiap kali harus menghadapi situasi dimana dia harus ngobrol sama orang banyak dia membayangkan dirinya sebagai sosok orang lain dan berakting.

3. Fokus ke Kelebihan Kamu Sebagai Introvert

Mengapa? Karena dengan kayak gitu, kemungkinan kamu jadi bisa lebih percaya diri. Jadi sebenarnya introvert itu punya berbagai kelebihan yang bisa mendukung mereka untuk jadi lebih sukses. Contohnya salah satu riset yang pernah kami baca menunjukkan bahwa kalau introvert biasanya memiliki materi abu-abu atau grey matter di otaknya pada bagian prefrontal cortex yang lebih tebel daripada ekstrovert.

Seorang Introvert Bisa Sukses

Bagian otak ini merupakan bagian yang berhubungan dengan pemikiran abstrak dan pembuatan keputusan. Ini menjelaskan kenapa introvert biasanya berpikir mendalam tentang suatu hal sebelum akhirnya membuat keputusan.

Selain itu, karakteristik introvert yang tidak mendominasi suasana dengan banyak bicara juga bisa ngasih ruang ke orang yang kerja dengannya untuk bisa ngasih ide dan menjalankan ide-idenya. Karakteristik kayak gini ini bisa mendukung seorang introvert untuk jadi sukses kalau misalnya mau jadi leader. Karena mereka bisa lebih tepat dalam mengambil keputusan dan bisa mendorong orang-orang yang dipimpin untuk bekerja dengan optimal. Buka Juga : 6 Hal yang Harus Kita Lakukan Jika Ingin Kaya

Kesimpulan Introvert Bisa Sukses

Nah, kami kan udah memberikan penjelasan terkait beberapa tips untuk menjadi jadi introvert yang sukses. Tapi memang menerapkan tips di atas ya bisa jadi nggak gampang. Intinya silahkan untuk mencoba dulu ya. Nah sekarang udah tau kan mesti ngapain supaya bisa jadi introvert yang sukses. Pokoknya ingat aja kalau introvert itu adalah karakteristik kepribadian yang bukan merupakan halangan kalian untuk bisa jadi sukses dan justru bisa dimanfaatin buat mendukung kesuksesan kamu.

Sekian artikel kami terkait bagaimana seorang introvert bisa menjadi sukses. Semoga memotivasi kalian untuk menjadi pribadi yang sukses. Silahkan isi komentar di bawah ini jika anda mempunyai pengalaman menarik seputar kesuksesan seorang introvert.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here