Home gagal 3 Pola Pikir Penyebab Banyak Bisnis Online Bangkrut

3 Pola Pikir Penyebab Banyak Bisnis Online Bangkrut

103
0
Pola Pikir Penyebab Banyak Bisnis Online Bangkrut

Pola pikir penyebab banyak bisnis online bangkrut (gulung tikar). Pada zaman sekarang, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat banyak bermunculan jenis bisnis yang memanfaatkan teknologi, salah satunya yaitu bisnis online. Dengan banyak sekali kelebihan yang dimiliki, jumlah masyarakat yang berminat untuk melakukan bisnis online bertambah dari waktu-ke waktu.

Menjalankan bisnis online memang banyak kelebihan, misalnya kita tidak perlu toko fisik, kita dapat mengontrol bisnis kita melalui smartphone kita, dan sebagainya. Namun, menjalankan bisnis online tidak semudah kelihatannya. Ada banyak sekali hambatan yang akan dilalui ketika kita akan menjalankan bisnis online. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah pola pikir penyebab banyak bisnis online bangkut.

Pola pikir penyebab banyak bisnis online bangkrut

Pola pikir bisa kita maknai sebagai cara berpikir seorang pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Kita semua tahu, bahwa agar suatu bisnis online tidak bangkrut, maka dibutuhkan pola pikir yang baik. Sehingga kita dapat menjalankan bisnis online ini degan keuntungan yang maksimal. Misalnya pola pikir yang membuat bisnis berjalan terus adalah pola pikir tidak pernah menyerah, pola pikir memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, dan pola pikir yang lain. Yang jelas, pola pikir disini sangat penting untuk membawa bisnis online anda menuju ke arah yang positif.

Nah, berikut ini adalah beberapa pola pikir (mindset) yang membuat bisnis online anda gagal atau bangkrut, yang harus anda hindari. Buka juga : 5 Tanda Seseorang Tidak Cocok Jadi Wirausahawan, Apakah Anda?

Pola pikir 1 : Tidak Mau Belajar Hal Baru

Teknologi berkembang dengan cepat, jadi akan bermunculan hal-hal baru berkaitan dengan teknologi yang harus anda ikuti. Mengapa demikian? Ya ini karena anda berkutat pada bisnis online yang memanfaatkan teknoloogi, jadi anda harus mengikuti perkembangan teknologi jika anda tidak ingin ketinggalan atau bisnis online anda bangkrut.

Contohnya saja industri atau aplikasi media sosial. Berdasarkan suatu penelitian, pada tahun 2016, media sosial yang paling laris yaitu BlackBerry. Namun, bagaimana dengan sekarang yang sudah mau tahun 2019? Pada tahun 2017, media sosial yang menempati posisi pertama yaitu facebook, dan tahun 2018 tergantikan oleh youtube.

Nah, perkembangan teknologi ini yang harus anda ikuti. Contohnya saja, jika tahun ini masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan media facebook, maka anda harus menyesuaikan dengan memanfaatkan facebook. Jangan sampai anda menggunakan BlackBerry yang sudah ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia.

Contoh lain yaitu salah satu perusahaan penyewaan DVD terbesar di Amerika Serikat yang bernama Blackbuster. Blockbuster ini dulunya merupakan salah satu perusahaan penyewaan video dan DVD yang paling besar di Amerika. Blackbuster banyak kita jumpai di sudut-sudut kota. Ya memang pada zamannya, industri penyewaan DVD ini sangat populer karena banyak masyarakat Amerika menyewa DVD untuk ditonton pada akhir pekan.

Bagaimana dengan sekarang? Blackbuster sudah bangkrut dan tergantikan Netflix. Dengan selalu belajar, Netflix selalu memunculkan inovasi-inovasi baru dalam penyediaan film yang bisa menarik perhatian masyarakat sehingga menjadikan Netflix menjadi media film yang paling jaya.

Pola Pikir 2 : Mental Gratisan

Percaya atau tidak, masih banyak orang yang menggunakan fasilitas gratisan, khususnya untuk memasarkan produk mereka di dunia online. Cara ini memang cukup bagus untuk memasarkan produk dalam waktu yang singkat, tetapi tidak dapat bertahan lama.

Mental gratisan ini biasanya dilakukan dengan cara membuat akun sosial media dalam jumlah banyak, lalu menyebarkan secara masif di sosial media. Perlu ada ketahui, bahwa ketika kita ingin bisnis online kita tetap berjaya, maka yang perlu kita bangun adalah suatu brand atau merk.

Gunakanlah akun resmi yang membuat orang percaya akan produk anda, jadi orang akan mengenal brand anda dengan akun resmi tersebut. Jika anda masih menggunakan akun sosial media cloningan, ya orang tidak akan tahu, resmi tidaknya. Apalagi sekarang ini banyak terjadi penipuan lewat sosial media yang membuat masyarakat kita semakin hati-hati. Jadi, jika anda ingin membuat branding produk anda, jangan gunakan akun sosial media cloningan.

Pola Pikir Penyebab Banyak Bisnis Online Bangkrut

Pola Pikir 3 : Malas Melakukan Penelitian dan Uji Coba

Apakah kalian tahu, bahwa dengan maraknya akses internet seperti sekarang ini, kita dapat mendapatkan banyak informasi tentang banyak hal. Ketika anda ingin berbisnis online, cobalah untuk melakukan penelitian kecil-kecilan tentang produk anda melalui pesaing-pesaing anda.

Dengan banyaknya informasi yang kalian dapatkan, maka akan meminimalisir kerugian bisnis online anda. Selain melakukan penelitian, anda juga perlu melakukan yang namanya uji coba. Misalnya anda akan melakukan promosi melalui facebook. Jangan langsung menganggarkan uang anda terlalu banyak ke facebook langsung, tapi cobalah sedikit demi sedikit, sambil mempelajari bagaimana cara kerja iklan facebook. Jika anda sudah yakin dan mendapatkan banyak informasi, silahkan anda menganggarkan uang anda dalam jumlah besar untuk promosi lewat facebook.

Contoh lain yaitu terkait dengan pemasangan tulisan iklan produk anda. Apakah anda akan menggunakan “Dijual Murah Baju Impor” atau “Diskon 10% Baju Impor”. Jangan remehkan kekuatan kata dalam mempengaruhi masyarkat untuk membeli produk anda.

Demikian 3 pola pikir orang yang bisa bangkrut dalam menjalankan bisnis online. Jangan sampai anda lakukan. Oya, jika anda punya pengalaman lain tentang bisnis online yang bangkrut, kami tunggu cerita pengalaman anda melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here