Home Pemasaran 5 Pengertian Segmentasi Pasar + Menurut Para Ahli (Pride, Ferrel, …)

5 Pengertian Segmentasi Pasar + Menurut Para Ahli (Pride, Ferrel, …)

1568
0
Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Pengertian segmentasi pasar menurut para ahli. Dalam sebuah bisnis, khususnya dalam ilmu marketing (pemasaran), kita pasti akan melakukan segmentasi pasar agar konsumen kita itu lebih tertarget. Jika anda masih bingung atau belum memahami apa itu segmentasi pasar, pada kali ini akan kami jabarkan pengertian segmentasi pasar secara umum dan pengertian segmentasi pasar menurut para ahli.

Konsep Dasar Segmentasi Pasar

Sebelum kita belajar tentang pengertian segmentasi pasar, akan kami sampaikan tentang konsep dasar dari segmentasi pasar. Harapa kami, dengan anda memahami konsep dasar dari segmentasi pasar, maka akan mudah dalam mencerna pengertian segmentasi pasar.

Pasar yang besar memiliki berbagai macam pembeli. Tiap-tiap pembeli pada umumnya mempunyai motif dan perilaku maupun kebiasaan pembelian mempunyai ciri masing-masing. Dalam upaya memberikan kepuasan pada konsumen dengan apa yang diinginkan oleh konsumen, perusahaan perlu mengelompokkan konsumen atau pembeli ini sesuai kebutuhan dan keinginannya. Kelompok konsumen yang dikelompokkan tersebut disebut segmen pasar, sedangkan usaha pengelompokannya dikenal dengan segmentasi pasar.

Segmentasi pasar adalah salah satu langkah penting yang perlu dilakukan dalam pemasaran suatu produk. Apalagi jika bisnis anda itu merupakan bisnis baru. Mengapa? Ya karena strategi pemasaran bisa lebih sukses melalui segmentasi pasar. Pada akhirnya, penjualan dan laba yang di oleh perusahaan pun bisa lebih maksimal. Segmentasi pasar dapat diartikan sebagai suatu strategi perusahaan terkait dengan pemasaran produk yang didasarkan pada argumentasi dengan konsumen atau pembeli.

Untuk lebih mempermudah penjelasan di atas, akan kami berikan contoh. Misalnya, anda akan membuka usaha jual beli pakaian. Nah, ketika anda memutuskan untuk membuka toko pakaian, maka segmentasi pasar anda harus jelas. Pakaian itu untuk siapa? Wanita, Pria, Orang tua, ana-anak, atau bahkan bayi? Membuka toko dengan menyediakan pakaian untuk mereka memang dimungkinkan, tetapi akan ada banyak kendala nanti. Selain dari segmen konsumen yang sudah saya sampaikan tadi, ada juga segmen penghasilan konsumen. Misalnya toko anda itu menjual pakaian mahal, murah, atau menengah? Itu merupakan contoh kecil dari segmentasi pasar.

Pengertian Segmentasi Pasar Secara Umum

Berdasarkan contoh di atas, seharusnya sudah memberikan sedikit gambaran tentang pengertian segmentasi pasar. Jadi, secara umum pengertian segmentasi pasar adalah pengelompokan pasar menjadi kelompok kelompok konsumen yang homogen, di mana tiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar yang ditargetkan untuk pemasaran suatu produk. Segmentasi pasar (marketing segmentation) merupakan suatu langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran (marketing target)

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Nah, bagaimana pendapat para ahli ekonomi, terkait segmentasi pasar. Pada dasarnya, mengenai pengertian segmentasi pasar, para ahli sepakat bahwa dalam segmentasi pasar akan terjadi pembagian atau pengelompokan calon konsumen kita.

Ada banyak ahli ekonomi yang berpendapat tentang segmentasi pasar, namun untuk kali ini, akan kami sampaikan 4 pandangan terkait pengertian segmentasi pasar.
1. Pride dan Ferrel (2012)
Menurut ahli ekonomi ini, pengertian segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli

2. Swastha dan Handoko (2010)
Sedangkan menurut Swastha dan Handoko, segmentasi pasar yaitu kegiatan membagi-bagi pasar atau nama inggrisnya adalah market, yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen

3. Saladin (2012: 83)
Di sisi lain, Saladin menyampaikan pengertian pasar berdasarkan konsumen yang potensial. Menurutnya, segmentasi pasar merupakan proses pengelompokan pasar ke dalam kelompok pembeli yang potensial dengan kebutuhan yang sama atau karakteristik yang disukai serta memperlihatkan hubungan yang sama Pula.

4. Philip Kotler dan Gary Amstrong
Pendapat ahli terakhir tentang pengertian segmentasi pasar yaitu menurut Kotler dan Gary. Menurutnya, pengertian segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Adapun tujuan dilakukannya segmentasi pasar yaitu untuk membagi pasar yang heterogen (berbeda-beda) menjadi kelompok pasar yang homogen (sejenis), di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Tujuan Segmentasi Pasar

Untuk apa segmentasi pasar dilakukan? Apa manfaatnya, kita capek-capek melakukan segmentasi pasar? Jadi begini, dilakukannya segmentasi pasar itu ada banyak manfaatnya, antara lain : Pasar lebih mudah diklasifikasikan, pelayanan konsumen menjadi lebih baik, dll. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat membuka :

Atau jika anda menjalankan suatu bisnis baru, silahkan buka : 5 Tips Sederhana Memulai Usaha Sampai Memasarkan Bisnis Anda

Kesimpulan Pengertian Segmentasi Pasar
Berdasarkan pendapat ahli tentang segmentasi pasar dapat diketahui, bahwa segmentasi pasar dilakukan untuk merangsang semua pelanggan yang potensial. Pemasaran yang tidak memiliki target adalah sia-sia, karena ada banyak kelompok pelanggan yang mungkin tidak tertarik untuk membeli jasa yang dijual. Inti dari suatu pemasaran yang baik adalah mengambil satu segmen yang paling menarik dalam pelayanan yang spesifik dan mengaplikasikan unsur-unsur pemasaran terhadap segmen tersebut.

Intinya, segmentasi pasar adalah suatu proses membagi-bagi pasar ke semua produk atau jasa yang awalnya bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, yang masing-masing segmennya bersifat homogen ke semua aspek. Jadi, segmentasi pasar adalah suatu kegiatan membagi-bagi pasar yang asalnya bersifat heterogen menjadi homogen. Homogenitas konsumen itu dapat kita dapatkan melalui suatu data yang menginformaikan tentang kebiasaan membeli, kebutuhan pemakaian, menggunakan barang, dan tujuan calon konsumen kita ketika membeli barang.

Punya pendapat berbeda atau ingin menambahi materi tentang pengertian segmentasi pasar di atas? Kami tunggu masukan dan tambahan dari para pembaca melalui kolom komentar. Selamat mencoba berbisnis. Semoga bisnis anda bisa sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here