Home Motivasi 5 Keuntungan Menjadi Wirausahawan, Pebisnis, Entrepreneur

5 Keuntungan Menjadi Wirausahawan, Pebisnis, Entrepreneur

132
0
keuntungan menjadi wirausahawan

Apa saja keuntungan menjadi wirausahawan/ pebisnis/ entrepreneur. Apa sih yang anda pikirkan ketika mendengar wirausahawan? Apa wirausahawan adalah pekerjaan seseorang yang sangat tidak nyaman? Kok sampai statistik wirausahawan di Indonesia sangat rendah. Padahal salah satu syarat agar suatu negara bisa maju adalah mempunyai banyak wirausahawan.

Semakin banyak wirausahawan di suatu negara, maka akan mampu meningkatkan perekonomian negara. Seorang wirausahawan selain mampu meningkatkan perekonomiannya sendiri, seorang wirausahawan juga dapat meningkatkan perekonomian orang lain, yaitu dengan cara mempekerjakannya. Jadi, ada banyak keuntungan menjadi wirausahawan. Logikanya, semakin banyak wirausahawan, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan, sehingga tingkat pengangguran bisa menurun. Ketika pengangguran dapat menurun, maka sudah jelas, banyak warga masyarakat yang bekerja, sehingga mempunyai penghasilan.

Jadi, jika tingkat pengangguran di Indonesia cukup tinggi, maka sebenarnya itu bukan salah pemerintah semata, tapi karena memang dari masyarakat indonesia yang sebagian besar masih bermental pekerja, dan tidak mau berwirausaha. Padahal ada banyak keuntungan menjadi wirausahawan.

Keuntungan Menjadi Wirausahawan, Pebisnis, Entrepreneur

Di awal sudah saya sampaikan, bahwa wirausahawan di Indoensia sangat rendah, cukup rendah dibandingkan dengan negara tetangga. Untuk lebih jelasnya, rasio wirausahawan di Malaysia yaitu 5%, singapura 7%, China 10%, dan Jepang 11%. Lalu, berapa rasio wirausahawan di Indonesia? Menurut data dari Kementrian Koperasi, rasio wirausahawan di Indonesia yaitu 3,1%. Artinya, dari sekitar 220 juta penduduk Indonesia, maka yang berwirausaha yaitu sekitar 6,6 juta. Atau lebih sederhananya lagi, wirausahawan di Indonesia yaitu 30 orang banding 1 orang.

Sangat rendah sekali bukan? Memang Malaysia selisih sedikit dengan kita, tapi perlu anda ketahui bahwa jumlah penduduk di Malaysia itu jauh lebih rendah daripada Indonesia. Jadi sudah tahu ya, mengapa Indonesia sulit sekali maju dalam bidang perekonomian? Percuma juga pemerintah melakukan kebijakan A sampai Z, tapi jika mental warga masyarakatnya masih mental pekerja.

keuntungan menjadi wirausahawan

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tentu saya ingin agar rasio wirausahawan ini dapat meningkat. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini, akan kami jabarkan beberapa keuntungan menjadi wirausahawan/ pebisnis/ entrepreneur. Dengan kami mengiming-imingi apa saja keuntungan menjadi wirausahawan, membuat pembaca terpincut dan ingin memulai berwirausaha.

Langsung saja, berikut ini beberapa keuntungan menjadi wirausahawan yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Keuntungan Wirausahawan 1 : Anda Menjadi Pribadi yang Bebas

Menjadi seorang wirausahawan akan menjadikan anda menjadi orang yang bebas. Maksudnya? Dengan menjadi wirausahawan, maka tidak akan ada orang yang mengatur-atur anda. Anda bebas mau melakukan apa saja. Tidak ada juga yang akan memarah-marahi anda. Karena maju mundurnya suatu usaha, anda yang menentukan sendiri.

Keuntungan Wirausahawan 2 : Waktu untuk Pribadi Lebih Banyak

Ketika anda memutuskan untuk menjadi wirausahawan, maka akan membuat anda mempunyai waktu pribadi lebih banyak dan lebih fleksibel. Tidak akan ada orang yang mengatur waktumu ketika kami menjadi wirausahawan. Kamu bisa ke tempat kerja jam berapapun. Dengan keuntungan wirausahawan ini, maka akan membuat anda lebih banyak waktu untuk keluarga.

Orang lain juga membuka :
1. Belum terlambat, Kisah Sukses 5 Miliarder Dunia Mulai Berbisnis di Usia 30-an
2. 5 Cara Berpikir Orang Orang Sukses – Pelajari dan Miliki

Keuntungan Wirausahawan 3 : Membuka Kesempatan Kerja

Maksudnya kesempatan kerja? Jadi begini, seorang wirausahawan kadang kala ketika menjalankan usaha tentu tidak bida dilakukan sendiri. Dia membutuhkan orang lain untuk membantunya dalam menjalankan usaha yang dilakukannya. Untuk itu, dia akan membuka lowongan kerja untuk karyawan baru dan menggajinya tiap bulan. Keuntungan wirausahawan ini merupakan keuntungan wirausahawan dari aspek sosial

Keuntungan Wirausahawan 4 : Memiliki Pendapatan Sendiri

Ya sudah jelas ya… Jika anda memutuskan untuk berwirausaha, maka anda yang menentukan pendapatan anda sendiri. Jika anda ingin mempunyai pendapatan tinggi, cukup dengan meningkatkan kerja anda. Hal ini tentu saja berbeda jika anda menjadi pegawai. Terkadang ada beberapa pekerjaan yang membuat anda berpikir ekstra, tapi dengan gaji yang sama. Inilah keuntungan menjadi wirausahawan.

Keuntungan Wirausahawan 5 : Hobi Tersalurkan

Anda mempunyai hobi apa? Otomotif, memancing, make up, memasak, olahraga, dan yang lainnya semuanya bisa menjadi peluang bisnis yang bisa anda geluti. Sudah banyak kok kisah sukses orang sukses dalam berwirausaha karena dari hobi mereka. Jadi selain mendapatkan penghasilan dari bisnis anda, anda juga dapat menyalurkan hobi anda.

Demikian 5 keuntungan menjadi wirausahawan. Sebenarnya masih ada banyak lain keuntungan menjadi wirausahawan yang belum sempat kami sampaikan. Atau mungkin, jika pembaca ingin menambahi keuntungan di atas, kami tunggu pendapatnya di kolom komentar. Semoga artikel tentang keuntungan menjadi wirausahawan ini dapat memicu semangat teman-teman dalam memulai berwirausaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here