Home Motivasi Pahami 3 Kesalahan Besar Para Pebisnis Pemula Berikut !

Pahami 3 Kesalahan Besar Para Pebisnis Pemula Berikut !

276
0
Kesalahan Besar Para Pebisnis Pemula

3 kesalahan besar para pebisnis pemula yang sering dilakukan, tapi tidak sadar. Kali ini kita akan membahas tentang kesalahan-kesalahan besar yang dilakukan oleh para pebisnis pemula, yang biasanya jika anda tidak mengerti kesalahan-kesalahan ini, maka bisnis anda akan mengalami sebuah masalah. Apa saja kesalahan pebisnis pemula itu?

Jadi begini, sebagaian besar para pebisnis pemula tidak paham kalau mereka itu melakukan sebuah kesalahan bahkan melakukan sebuah dosa yang tidak sepatutnya dilakukan oleh para pebisnis pemula. Biasanya pebisnis pemula itu tidak sadar kalau mereka membangun usaha, tapi tidak mengerti tujuan dan motivasinya. Apakah anda termotivasi untuk jadi pebisnis karena sekedar mau jadi pebisnis, atau karena pengusaha itu enak, jadi pebisnis itu bebas waktu, bebas finansial, tidak diatur-atur oleh Bos, tidak terikat, dan sebagainya. Motivasi-motivasi tersebut itu bagus untuk jadi pebisnis. Namun, memiliki motivasi saja tidak cukup. Agar anda dapat sukses dalam berbisnis atau berwirausaha, khususnya bagi pebisnis pemula, jangan sampai anda melakukan kesalahan pebisnis berikut ini!

Kesalahan Pebisnis Pemula 1 : Terlalu Profit Oriented

Kesalahan pertama dari pebisnis pemula terlalu profit oriented, bukan value oriented. Profit oriented adalah orientasi pada keuntungan sebesar-besarnya atau ingin dapat keuntungan sebesar-besarnya. Sedangkan value oriented adalah orientasi pada nilai tambah suatu usaha.

Kesalahan Besar Para Pebisnis Pemula
Jadi gini nggak salah sih namanya usaha itu memang harus profit atau harus untung, tetapi bukan berarti anda menempatkan keuntungan di atas segala-galanya. Sehingga anda tidak meletakkan nilai diatas segala-galanya. Padahal kalau usaha itu mau berjangka panjang, harus ada nilai tambah yang dapat Anda bisa berikan kepada orang lain. Nilai tambah apa yang bisa Anda berikan pada karyawan Anda, nilai tambah apa yang anda berikan pada usaha Anda, nilai tambah apa yang bisa Anda berikan pada produk Anda, nilai tambah apa yang bisa anda berikan pada customer atau pelanggan anda, nilai tambah apa yang Anda bisa berikan kepada reseller dan distributor Anda. Intinya di sini, anda harus bisa memberikan nilai tambah untuk orang lain.

Jadi, sebagai pebisnis pemula, Anda jangan terlalu memikirkan ego atau memikirkan kepentingan diri sendiri. Kalau anda terlalu mementingkan kepentingan diri sendiri, apa lagi terlalu profit oriented, besar kemungkinan usaha anda tidak akan berjangka panjang. Kenapa? karena customer anda, distributor Anda, karyawan anda, akan mengeluh. Jika sudah seperti ini, customer Anda juga akan lari, supplier Anda juga akan tidak suka karena anda maunya menang sendiri. Sebagai pebisnis pemula, kalau anda ingin usaha anda dapat bertahan dalam waktu yang lama, maka jangan lakukan ini.

Kesalahan Pebisnis Pemula 2 : You Are The King

Kesalahan pebisnis yang selanjutnya adalah mempunyai pemikiran “You are the King”. Dalam bisnis, pemikiran ini adalah pemikiran yang salah. Pemikiran yang benar adalah “Customer is the King”. Jadi anda harus menempatkan konsumen sebagai raja. Ini adalah hukum bisnis dari zaman nenek moyang kita sampai sekarang, bahwa customer adalah segalanya, customer always right (konsumen selalu benar). Memang kritikan dari konsumen tidak bisa semuanya kita dengar, tetapi itu baik dan sebagai bahan masukan untuk perusahaan.

Kesalahan Besar Para Pebisnis Pemula

Akan tetapi masih banyak pebisnis pemula yang selalu menganggap dirinya paling benar, dan konsumen bukan segalanya. Contohnya, ada konsumen anda datang belanja ke tempat anda, tetapi tidak anda layani dengan baik, karena anda merasa sebagai pemilik bisnis, anda ingin dihargai dan dihormati. Dalam kasus seperti itu, anda tidak menempatkan konsumen di atas segala-galanya.

Padahal yang namanya bisnis apapun tidak akan pernah bisa hidup tanpa konsumen, apalagi konsumen yang setia dan konsumen yang loyal. Nah kalau Anda hari ini mengindahkan atau mengabaikan keinginan konsumen, maka besar kemungkinan bisnis anda sedang dalam masa masa kehancuran. Jadi, jika anda adalah pemilik bisnis restoran misalnya, jika ada pelanggan yang datang dan ingin makan di tempat anda, layani lah dengan maksimal seperti seorang raja. Bagi sebagian pebisnis pemula, kesalahan ini mungkin saja dilakukan. Namun, setelah anda memahami pentingnya konsumen bagi bisnis anda, maka jangan sampai anda mengabaikan konsumen.

Kesalahan Pebisnis Pemula 3 : Merasa Paling Hebat dan Benar

Kesalahan pebisnus pemula yang terakhir yaitu mempunyai sikap merasa paling hebat dan paling benar. Jadi begini, kalau Anda merasa punya produk yang paling laku, anda merasa punya produk yang paling hebat, anda merasa punya yang paling laris di pasaran, saya beritahu satu hal kalau anda sudah merasa seperti itu besar kemungkinan bisnis Anda tidak akan bercanda panjang.

Kesalahan Besar Para Pebisnis Pemula

Perlu anda tahu, tidak ada satu pengusaha besar saat ini, bahkan sampai di level konglomerat sekali pun yang merasa dirinya paling hebat. Kalau anda merasa produk Anda paling laris di pasaran, besok 2 bulan lagi ada kompetitor produk Anda. Kalau anda merasa produk Anda paling canggih di pasaran, tidak lama lagi akan ada kompetitornya, dan itu sudah hukum di dalam dunia bisnis.

Ada satu orang menjual risoles laris, maka dua minggu kemudian sudah ada tetangganya jual risoles, ya ditambah bumbu cabe pedas misalnya. Nah kalau anda sudah merasa bebek Anda paling enak di kota Anda, maka besok ada orang jual bebek yang lebih enak lagi dan lebih empuk lagi di depan anda. Jadi di dunia bisnis memang seperti itu. Kalau anda merasa diri Anda paling hebat, dan anda hari ini tidak mau belajar dari kompetitor, Anda tidak mau belajar dari kesalahan Anda, Anda tidak mau belajar dari masukan konsumen anda, maka besar kemungkinan, bisa jadi nanti anda akan mengalami kehancuran bisnis yang bahkan tidak perlu sampai 5 tahun. Mungkin 2 tahun sudah habis, karena anda merasa paling hebat.

Ketika anda merasa paling hebat, anda tidak mau di “charge”, tidak mau belajar lagi, akhirnya menyerah menjadi pengusaha. Ketika anda menyerah menjadi pebisnis, maka besar kemungkinan Anda nggak cocok jadi pengusaha. Bahkan mungkin, anda tidak cocok menjadi apa-apa, Anda nggak cocok menjadi orang sukses, kenapa karena anda melakukan apapun, anda sudah merasa diri paling hebat.

Banyak orang-orang yang usahanya sudah besar sampai lebih dari 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, bahkan sampai ratusan tahun, mereka selalu berinovasi, mereka selalu beradaptasi dengan keadaan. Mereka selalu tidak pernah merasa dirinya paling benar, tidak pernah merasa dirinya paling hebat.

Kesimpulan Kesalahan Pebisnis Pemula

Dengan demikian, jika anda ingin menjadi pebisnis, pengusaha, atau enterpreneur yang sukses dalam jangka waktu yang panjang, tolong 3 kesalahan penisnis pemula ini dihindari. Mungkin masih ada beberapa kesalahan lain yang dilakukan oleh pebisnis pemula yang teman-teman alami. Kami tunggu tambahan kesalahan pebisnis pemula ini di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here