5 Developer Game Indonesia Terbaik yang Sukses Mendunia

Developer game Indonesia terbaik yang sukses mendunia. Di balik terciptanya sebuah video game, ada sekelompok orang yang bekerja keras untuk menghasilkan karya yang bagus dan diterima di masyarakat. Developer Game adalah sebutan untuk mereka yang membuat dan mengembangkan sebuah video game. Keberhasilan sebuah video game tak luput dari perjuangan orang-orang yang tergabung dalam sebuah developer.

Mengenal Jenis-Jenis Developer

Secara umum Developer sendiri terdiri dari berbagai pihak yang ahli di bidangnya, seperti design, programming, testing, art, dan sebagainya. Adapun Developer game mempunyai spesialisasinya sendiri dalam menghasilkan sebuah game, baik dari genre maupun platform.
Contohnya sebagai berikut :

1. Developer X mempunyai spesialisasi game bergenre RPG (Role Playing Game) dengan platform PS5. Oleh karena itu, mereka hanya akan memproduksi game bergenre RPG hanya untuk PS4.

2. Developer Y yang mempunyai spesialisasi game dengan genre FPS (First-Person Shooter) dengan menggunakan platform PC. Maka mereka hanya akan memproduksi game dengan genre FPS hanya untuk PC.

3. Developer Z yang mempunyai spesialisasi game dengan platform Smartphone. Maka hanya akan memproduksi untuk platform Smartphone. Buka Juga : Kisah Sukses 5 Miliarder Dunia Mulai Berbisnis di Usia 30-an

4. Dan Sebagainya

Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada Developer yang mampu memproduksi dengan berbagai genre dan platform, misalnya Game Grand Theft Auto (GTA), Game The Amazing Spider-Man, Game Call of Duty: Strike Team, dan sebagainya.

Developer Game Indonesia yang Mendunia

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa ada banyak sekali jenis-jenis Developer yang ada. Nah, artikel ini kami khususkan untuk membahas Developer Game yang berasal dari Indonesia namun mempunyai prestasi di dunia internasional. Sebenarnya di Indonesia ada banyak sekali Developer Game yang mendunia kok, hanya saja di sini kami sampaikan beberapa Developer Game.

Jadi, jangan sedih ya, jika anda merupakan seorang gamer dan mengetahui tentang berbagai game, namun game developer anda tidak masuk nominasi dari kami ini. Penasaran siapa saja Developer Game Indonesia yang mendunia? Berikut ini 5 Developer Game Indonesia yang mendunia.

Developer Game Indonesia 1 : Kidalang

Kidalang adalah developer game asal Bandung yang berhasil mendunia lewat game-game visual novel yang keren. Richard Imam dan Yohan Alexander adalah dua orang dibalik karya-karya Kidalang yang berhasil menarik perhatian dunia. Game besutan mereka bertajuk Sage Fusion berhasil meraih penghargaan dari ajang The Tizen App Challenge di Spanyol pada tahun 2014. Buka Juga : Apa saja Ciri Orang Cocok Jadi Pengusaha Sukses dan Kaya? Yuk Lihat.

Tak hanya itu, karya lain mereka yang diberi nama An Octave Higher juga berhasil memenangkan penghargaan di ajang Indie Prize Casual Connect Asia 2015, mengalahkan developer-developer lainnya dari Asia. Itu lah yang membuat Kidalang menjadi Developer Game yang Sukses Mendunia.

Developer Game Indonesia 2 : Touchten Games

Touchten Games didirikan di Jakarta oleh 3 bersaudara yaitu Anton Soeharyo, Roki Soeharyo dan Dede Indapurna. Ketiganya sukses menciptakan game-game keren yang tidak kalah dengan buatan luar negeri. Salah satu game buatan Touchten yang mendunia adalah Infinite Sky yang sukses masuk jajaran Top 10 Rank iOS App Store di 43 negara. Buka Juga : Apakah Seorang Introvert Bisa Sukses? Yuk Cari Tahu

Pada tahun 2015, mereka pernah berkolaborasi dengan 9GAG untuk membuat game Redhead Redemption. Touchten juga pernah bekerjasama dengan Bravewave dan Manami Matsumae, sang komposer legendaris dalam membuat game terbaru bertajuk Target Acquired.

Developer Game Indonesia 3 : Digital Happiness

Digital Happiness adalah developer asal Indonesia yang sukses memamerkan karyanya di mata dunia. DreadOut adalah karya Digital Happiness yang paling sukses hingga saat ini. Game bernuansa horor khas Indonesia ini sempat booming di luar negeri setelah dimainkan oleh seorang gamer terpopuler di Youtube, yaitu PewDiePie.

Selain itu, dua karya mereka yang lain bertajuk The Hallway Raid dan DreadOut: Keepers of the Dark juga cukup diminati gamer baik dalam negeri maupun luar negeri.

Developer Game Indonesia 4 : Toge Production

Toge Production yang dibangun oleh Kris Antoni berhasil meraih kesuksesan di kancah internasional berkat game Infectonator yang mendapat penghargaan sebagai Best Game of The Year dan Best Browser Strategy and Simulator pada tahun 2012. Developer Indonesia yang satu ini memang tidak hanya menyediakan game dalam bahasa Indonesia saja, tapi juga beberapa bahasa lainnya termasuk Inggris, Arab dan Mandarin. sehingga karya mereka pun lebih mudah diterima di negara lain.

Developer Game Indonesia 5 : Solite Studio

Solite Studio berhasil mengharumkan nama bangsa melalui karya mereka yang mendunia. Tim dari Solite Studio terdiri dari 4 orang, antara lain Asadullohil Ghalib Kubat sebagai co-founder, Tony Wijaya sebagai game designer, Miftah Alfiansyah sebagai programmer, dan Mukhammad Bagus Muslim sebagai game artist. Buka Juga : Bingung Mau Investasi Emas? Berikut ini Tips Mudah Berinvestasi Emas

Developer lokal ini berhasil menarik perhatian dunia berkat salah satu game besutan mereka bertajuk Save the Hamster yang berhasil mendapatkan penghargaan di Microsoft Imagine Cup 2013 yang diselenggarakan di Rusia.

Save The Hamster merupakan game dengan platform Windows Phone dan Windows 8 yang mengisahkan tentang empat ekor hamster yang tersesat. Tugas utama pemain yaitu membantu empat hamster untuk pulang ke rumahnya. Unsur edukasi Matematika dimasukkan pada game ini supaya citra game tidak selalu dianggap negatif.

Penutup Developer Game Indonesia Terbaik

Demikian 5 Developer Game asal Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari dunia internasional. Semoga dapat menginspirasi teman-teman yang sedang mencoba membuat Developer Game, atau yang telah mempunyai Developer Game dan ingin mengembangkannya. Jika teman-teman mempunyai informasi lain, terkait developer game dari Indonesia yang mempunyai prestasi dunia internasional, mohon masukan dan saran di kolom komentar. Saya tunggu ya teman-teman…

Leave a Comment