Home Kisah Sukses 8 Ciri Orang Cocok Jadi Pengusaha Sukses dan Kaya

8 Ciri Orang Cocok Jadi Pengusaha Sukses dan Kaya

409
0
Ciri Orang Cocok Jadi Pengusaha Sukses dan Kaya
Ciri Orang Cocok Jadi Pengusaha Sukses dan Kaya

Ciri-ciri orang yang cocok jadi pengusaha yang sukses dan kaya raya.  Bermimpi menjadi pengusaha adalah hal baik dan menjadi impian sebagian besar orang di dunia. Selain bisa membuat kita menjadi kaya, bisnis juga bisa membuka lapangan pekerjaan. Akan tetapi menjadi pengusaha tidak mudah.

Untuk menjadi pebisnis atau pengusaha sukses, orang harus memenuhi sejumlah persyaratan tertentu. Jadi, tidak semua orang bisa dan pantas menjadi pengusaha sukses. Nah, untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak di dunia bisnis, pastikan sejumlah ciri ini ada pada dirimu seperti dikutip dari berbagai sumber. Apa saja ciri pengusaha sukses dan kaya? Berikut ini kami sampaikan satu persatu.

1. Tidak takut gagal

Ciri pengusaha sukses yang pertama yaitu tidak takut akan kegagalan. Di dunia ini, tida ada seorang pengusaha pun yang langsung mendapatkan kesuksesan di bisnis pertama mereka. Bahkan menurut liputan6.com, rata-rata pengusaha suskes itu gagal minimal 2-3 kali. Semuanya pasti pernah mengalami kegagalan terlebih dahulu bahkan kerugian berkali lipat sekalipun. Akan tetapi, semua kegagalan tersebut tidak dilihat sebagai hambatan yang menghentikan mereka untuk meraih tujuan. Justru kegagalan tersebut menjadi pemicu untuk lebih bekerja keras dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada.

2. Berani ambil risiko

Ciri pengusaha sukses yang selanjutnya yaitu berani ambil risiko. Risiko memang selalu ada dan harus ada dalam kehidupan, terlebih di dunia bisnis. Namun, mengambil risiko yang dimaksud bukanlah melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang dan perhitungan matang. Risiko dilihat sebagai peluang keberhasilan bagi pengusaha sukses.

Ciri Orang Cocok Jadi Pengusaha Sukses dan Kaya

3. Pintar membaca situasi

Seorang pengusaha sukses biasanya merupakan seseorang yang mampu membaca situasi dan mengambil laba dari situasi itu. Pengusaha sukses mampu melihat peluang bisnis besar bahkan ketika ada problem sekalipun. Ketika ada sebuah masalah, pengusaha sukses akan menghadirkan solusi untuk mengatasi problem tersebut.

4. Memiliki Sifat Terbuka

Sifat terbuka merupakan sifat wajib yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Mengapa begitu? Karena seseorang yang mempunyai sifat mau menerima saran dan kritik dari orang lain akan memberikan kemajuan diri untuk membangun atau merintis usaha yang sedang dikerjakan. Oleh karena itu, jangan pernah berpikiran bahwa kritik dan saran orang lain tidak penting. Sebab, saran dan kritik orang lain bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan bisnis yang sedang anda mulai. Jangan pernah mencoba menjadi pengusaha sukses jika tidak mempunyai sifat terbuka ini.

5. Mudah beradaptasi

Ketika terjadi suatu masalah yang tidak diinginkan, entah itu terkait iklim bisnis atau yang lainnya. Perhatikan apakah kamu bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada dan merubahnya menjadi keuntungan. Apabila kamu memiliki kemampuan tersebut, maka kamu cocok dengan dunia bisnis yang terkenal dinamis dan serba cepat.

6. Mempunyai Pemikiran yang Berbeda

Dalam bebisnis, seseorang yang mempunyai pemikiran yang berbeda sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Pemikiran yang berbeda disini merupakan pemikiran yang menghasilkan alternatif solusi lain dalam menghadapi pasar. Jadi, “mungkin” semakin banyak orang-orang yang mempunyai pemikirang berbeda (positif) akan semakin bagus untuk perkembangan perusahaan.

Jadi, jika anda ingin menjadi pengusaha yang sukses maka anda perlu berpikir di luar kebiasaan. Pengusaha sukses biasanya mempunyai cara berpikir yang berbeda dari pada orang kebanyakan. Meskipun, perbedaan cara berpikir tersebut nantinya mendapat cibiran dari berbagai kalangan bahkan keluarga sekalipun. Tetap percaya diri saja. Jangan biarkan cibiran orang lain mengganggu impian anda untuk menjadi pengusaha sukses.

Ciri Orang Cocok Jadi Pengusaha Sukses dan Kaya

7. Mempunyai Perhitungan Jitu dan Matang

Sebagai seorang pengusaha, maka melakukan analisa dan memiliki perhitungan yang matang adalah keharusan. Jadi, pastikan kamu memiliki ciri tersebut. Biasakan diri untuk memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi dengan matang, persiapkan rencana yang jelas dari analisa dan perhitungan yang kamu lakukan tersebut dan lakukanlah.

8. Perhatikan Proses, Jangan Hanya Hasil Saja

Banyak pebisnis yang hanya ingin melihat hasilnya saja, tanpa memperdulikan proses yang dilalui. Padahal proses merupakan bagian terpenting dalam menjalankan bisnis. Ada salah satu pengusaha sukses di Indonesia, yang bernama “Pak Theodore P Rachmat (pendiri Triputra Group)” menyampaikan bahwa proses yaitu hal yang penting. Proses (dalam berbisnis) yang bagus dan solid akan lebih tahan terhadap rintangan bisnis. Selain itu proses yang benar juga akan menghasilkan keuntungan yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Demikianlah ciri-ciri pengusaha yang sukses dan kaya. Tentu saja masih ada ciri-ciri lain selain yang kami sampaikan di atas. Namun, semoga 8 ciri-ciri pengusaha sukses di atas sudah cukup mewakili dari ciri pengusaha sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here