Home Perencanaan Materi Analisis Lingkungan Internal Perusahaan (Bisnis)

Materi Analisis Lingkungan Internal Perusahaan (Bisnis)

1866
0
Analisis Lingkungan Internal Perusahaan Bisnis

Materi analisis lingkungan internal dalam perusahaan bisnis (contoh). Kita semua tahu bahwa dalam suatu perusahaan, tidak akan lepas dengan yang namanya lingkungan. Bahkan, kegagalan dan keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan bisnis sangat dipengaruhi dengan yang namanya lingkungan bisnis (perusahaan).

Lalu, apa itu pengertian lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung terhadap aktivitas bisnis. Dalam hal ini, ada dua jenis lingkungan dalam lingkungan bisnis perusahaan, yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal.

Analisis Lingkungan Internal Perusahaan

Nah, untuk kali ini kita akan mengkaji tentang lingkungan internal perusahaan (bisnis). Untuk materi tentang lingkungan eksternal perusahaan, insya allah akan kami sampaikan pada artikel selanjutnya. Berbicara tentang lingkungan perusahaan, tadi sudah disampaikan tentang pengertian lingkungan perusahaan. Untuk pengertian lingkungan internal perusahaan belum kami sampaikan. Update, untuk materi tentang lingkungan eksternal perusahaan, silahkan buka : 2 Analisis Lingkungan Eksternal Perusahaan (Mikro dan Makro)

Jadi, pengertian lingkungan internal yaitu lingkungan organisasi yang berada di dalam perusahaan atau organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan atau organisasi. Pada umumnya, lingkungan internal perusahaan digunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan (strengths and weakness) suatu perusahaan.

Elemen dalam lingkungan internal

Di dalam lingkungan internal bisnis perusahaan, ada beberapa elemen yang memengaruhi seorang manajer dalam mengambil keputusan yang akan berpengaruh pada perusahaan atau organisasi. Beberapa elemen dalam lingkungan internal bisnis perusahaan antara lain :

a. Karyawan

Elemen pertama dalam lingkungan internal bisnis perusahaan adalah karyawan. Karyawan adalah manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan, baik berupa uang ataupun bentuk lainnya kepada perusahaan atau organisasi. Karyawan dapat dibagi menjadi dua klasifikasi:

1) Karyawan berkerah putih adalah karyawan yang bekerja menggunakan tenaga pikirannya. Semakin berkembangnya perusahaan maka karyawan berkerah putih dituntut untuk lebih meningkatkan keterampilan dan kemampuannya. Adakalanya suatu posisi dalam perusahaan menghendaki klasifikasi pendidikan tertentu, seperti programmer komputer mensyaratkan karyawannya untuk menguasai software terbaru.

2) Karyawan berkerah biru adalah karyawan yang bekerja dengan menggunakan tenaga ototnya. Biasanya karyawan ini tidak dituntut untuk menguasai skill tertentu dan juga tidak diperlukan klasifikasi pendidikan apapun. Karyawan berkerah biru biasanya digaji dengan sistem insensif yaitu besar gaji yang mereka dapat sebanding dengan besar hasil yang mereka hasilkan baik harian, mingguan ataupun bulanan.

b. Manajemen

Elemen selanjutnya dalam lingkungan internal perusahaan adalah manajemen. Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain Manajemen juga diartikan sebagai sebuah proses perencanaan pengorganisasian, pengoordinasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni mengelola sumber daya secara efektif dan efisien dalam menjalankan kegiatan perusahaan agar sasaran organisasi dapat tercapai. Ada beberapa kegiatan perusahaan yang harus dikelola seperti :

1) Logistik ke dalam
Aktivitas ini terkait dengan penerimaan penyimpanan, informasi yang terdiri dari pergudangan, persediaan atau jadwal pengiriman
2) Operasi
Aktivitas ini berhubungan dengan transformasi input produksi menjadi produk akhir, yang terdiri dari perakitan pengetesan, permesinan, pengepakan, dan pemeliharaan mesin (peralatan)
3) Logistik Keluar
Aktivitas ini berhubungan dengan pengumpulan penyimpanan, dan distribusi produk ke konsumen
4) Pemasaran dan Penjualan
Dalam kegiatan ini, perusahaan menyediakan fasilitas sehingga konsumen dapat membeli produk, dan mencakup pula kegiatan seperti: penentuan harga, jalur distribusi, periklanan, penjualan, dan promosi
5) Pelayanan
Kegiatan perusahaan dalam aktivitas ini berhubungan dengan pemeliharaan nilai dari produk yang terdiri dari: penyediaan suku cadang, pelatihan, instalasi, perbaikan dan pemeliharaan.

Fungsi penunjang merupakan aktivitas pendukung perusahaan yang meliputi :
1) Pengadaan
Merupakan fungsi dari bagian pengadaan, yang mencakup semua prosedur pembelian dengan pemasok, yang melibatkan antar perusahaan.
2) Pengembangan Teknologi
Tidak hanya pengembangan teknologi dalam hal mesin dan proses saja tetapi juga pengetahuan/ keahlian, prosedur dan sistem
3) Manajemen Sumber Daya Manusia
Termasuk di dalamnya semua aktivitas perekrutan, pelatihan, pengembangan, dan penilaian karyawan
4) Infrastruktur Perusahaan
Meliputi manajemen secara umum, perencanaan dan keuangan, pengendalian kualitas, dan sistem informasi. Infrastruktur perusahaan mendukung semua aktivitas rantai nilai, yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai keunggulan bersaing.

Analisis Lingkungan Internal Perusahaan Bisnis

c. Pemegang saham dan dewan direksi

1) Pemegang Saham
Pemegang saham/ shareholder adalah orang atau badan hukum yang memiliki saham di perusahaan, para pemegang saham adalah pemilik dari perusahaan oleh karena itu pemegang saham berhak memengaruhi sebuah keputusan tergantung dari jenis saham yang dimiliki masing-masing pemegang saham. Mereka dapat menggunakan haknya lewat rapat umum pemegang saham.

2) Dewan Direksi
Dewan direksi adalah pihak yang bertanggung jawab menentukan tujuan organisasi, menentukan strategi mencapai tujuan, dan lain-lain Dewan direksi ditetapkan oleh para pemegang saham. Mereka
memiliki beberapa tugas antara lain :
a) Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan perusahaan.
b) Memilih, menetapkan dan mengawasi tugas dari karyawan dan para manajer
c) Menyusun anggaran tahunan perusahaan
d) Membuat laporan kinerja perusahaan pada para pemegang saham

d. Modal

Elemen terakhir dalam lingkungan internal perusahaan adalah modal. Modal yaitu pengeluaran pertama sebuah perusahaan, pengeluaran ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan eksistensi perusahaan tersebut. Untuk organisasi yang telah go-public modal diperoleh dari para pemegang saham. Bukan hanya uang, peralatan fisik seperti sarana dan prasarana juga menjadi modal suatu perusahaan.

Pengaruh Lingkungan Internal Terhadap Organisasi Perusahaan
Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa lingkungan internal perusahaan sangat berpengaruh terhadap jalannya perusahaan. Lantas, bagaimana pengaruh itu terjadi? Besar kecilnya pengaruh lingkungan pada perusahaan dapat kita dilihat dari seberapa besar ketergantungan perusahaan tersebut pada lingkungannya.

Produk berupa barang atau jasa merupakan output dari perusahaan yang dikonsumsi oleh konsumen (masyarakat) yang adapada lingkungannya. Di sisi lain, perusahaan juga membutuhkan berbagai jenis input dari lingkungannya agar mampu menghasilkan output yang optimal. Nah, ada kalanya. input yang dibutuhkan oleh perusahaan dikuasai oleh perusahaan atau organisasi lain yang ada di lingkungannya, sehingga perusahaan terpaksa memiliki ketergantungan sumber daya terhadap lingkungannya. Jika pertukaran input dan output ini tidak seimbang, maka posisi perusahaan menjadi berbahaya

Sebagai catatan, apabila lingkungan perusahaan bertambah kompleks, khususnya lingkungan internal perusahaan, maka perusahaan harus menjadi lebih kompleks agar mampu menghadapi atau mengimbangi perubahan tersebut. Setiap elemen dari lingkungan perlu dihadapi oleh suatu bagian khusus dari perusahaan. Karena itu organisasi yang terdapat pada lingkungan yang kompleks memiliki lebih banyak bagian maupun jenis tugas. Oleh karena itu, sebuah perusahaan perlu melakukan penyesuaian struktur internal organisasi, pola kerja dan perencanaan yang matang mulai dari pembuat keputusan sampai pelaksana keputusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here