Berbagai Alasan Mengapa Produk Apple Selalu Mahal

Mengapa sih produk Apple selalu mahal? Alasannya apa saja, kok produk Apple mahal? Apakah terbuat dari emas sehingga menjadi produk dari Apple selalu mahal? Ya ini merupakan pertanyaan klasik sih. Tetapi masih banyak dari kita yang belum tahu alasan dibalik mahalnya harga produk Apple.

Kita semua tahu bahwa Apple merupakan perusahaan besar yang menghasilkan berbagai produk di bidang teknologi, sebut saja laptopnya yang sangat terkenal dengan sebutan mac book, tablet yang terkenal dengan sebutan iPad, pemutar media player dengan sebutan iPod, dan mungkin yang sangat sangat terkenal dibandingkan dengan produk Apple yang lain yaitu produk Smartphone yang dimiliki dengan sebutan iPhone. Buka juga : Apa itu P2P dan Mengapa Investasi P2P Lending Cocok Untuk Para Milenial?

Mengenal sosok “iPhone”

Jadi, dalam artikel ini kami akan membahas seputar alasan mengapa iPhone identik dengan smartphone mahal. Namun, sebelum kita membahas tentang berbagai alasan iPhone mahal, mari kita simak sekilas perjalanan “hidup” iPhone.

iPhone pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007. Kala itu sang inisiator yaitu Steve Jobs memperkenalkan generasi pertama dari iPhone yaitu iPhone 2G. Steve Jobs kala itu menyampaikan bahwa perangkat ini adalah hasil modifikasi perusahaannya yang menggabungkan sebuah ponsel, pemutar musik, dan juga perangkat internet dalam 1 device.

Peluncuran waktu itu sangat mencuri perhatian khalayak umum dikarenakan iPhone merupakan satu-satunya ponsel dengan layar sentuh besar yang mendukung jaringan 2G dengan design metal yang sangat hebat pada masa itu. Selain itu, penampakan dari iPhone ini sangat futuristik karena umumnya HP yang beredar masih dilengkapi dengan papan ketik yang konvensional. Setelah peluncuran pada tahun 2007, itu secara berurutan iPhone generasi 3G diluncurkan pada 2008, 3GS pada tahun 2009, iPhone4 pada tahun 2010, dan seterusnya hingga sekarang sudah mencapai seri ke-12. Buka Juga : Apakah Investasi Saham Adalah Judi? Simak Jawabannya

Dari perjalanan sosok iPhone tersebut, kita tahu bahwa iPhone merupakan smartphone yang sangat konsisten dalam diversifikasi produknya. Hal ini berbeda sekali dengan produk-produk dari negeri Cina misalnya, yang mana dalam satu tahun itu mengeluarkan banyak jenis dan tipe dari produknya. Mungkin ini secara tidak langsung kami menyampaikan terkait salah satu alasan mengapa produk iPhone (Apple) sangat mahal.

Alasan Produk Apple (iPhone) Selalu Mahal

Sekarang kita kembali ke pembahasan utama kita, yaitu alasan mengapa harga iPhone itu mahal? Coba kita telah data berikut : saya telah mengumpulkan data harga produksi dan harga jual dari berbagai seri iPhone yang saya peroleh dari berbagai sumber sebagai berikut dengan menggunakan pendekatan yang sederhana yaitu menghitung rata-rata profit dari setiap seri iPhone per unitnya maka didapatkan bahwa keuntungan rata-rata Apple per unit iPhone yang terjual adalah sebesar 565,18 USD kalau dirupiahkan sekitar 8,4 Juta atau setara dengan 198% dari modal yang dikeluarkan Apple dalam pembuatan satu unit iPhone. Angka yang sangat luar biasa bukan?

Bagaimana menurut kalian tentang mahalnya iPhone (Apple)?

Apakah angka itu besar atau masih wajar? itu tergantung perspektif teman-teman kalau teman-teman sebagai pelapak atau pedagang, mungkin harusnya lebih mahal lagi karena seperti yang disampaikan oleh pakar ekonomi bernama Adam Smith “Semua pasti ingin mengorbankan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya”.

Nah apakah teman-teman merasa harga tersebut mahal ? bagi saya pribadi sih mahal, terlebih dengan fakta bahwa pesaing terdekat iPhone yaitu Android menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang lebih masuk akal tapi balik lagi nih. Tapi apapun itu, saya pikir Apple mempunyai alasan tersendiri terkait kebijakan harga yang mereka terapkan. Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa alasan mengapa produk Apple (iPhone) cukup mahal. Buka Juga : 5 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Pas-Pasan

Alasan Apple Mahal 1 : Brand Equity yang Kuat

iPhone memiliki kekuatan brand atau brand equity yang sangat kuat. Seperti yang kita tahu bahwa iPhone berada pada jajaran top of Mind sehingga masyarakat sudah sangat percaya dengan kualitas yang dimilikinya jadi tidak ada masalah bagi masyarakat peminat untuk membeli produk ini. Ketika perusahaan sudah mempunyai Brand Equity yang kuat dan didukung dengan prinsip yang kuat, maka saya pikir harga produk yang mahal tidak menjadi masalah. Ibarat jika kita membeli mobil, jarang sekali misalnya Lamborghini dan Ferrari mengeluarkan mobil dengan harga menengah. Mereka pasti memproduksi mobil dengan harga yang tinggi. Jadi, itu ya alasan pertama mengapa produk Apple (iPhone) mahal harganya.

Alasan Apple Mahal 2 : Apple tidak Hanya Menjual Perangkat

Selanjutnya kita masuk ke alasan kedua yaitu bahwa Apple tidak hanya menjual sebuah perangkat Smartphone kepada masyarakat. Lho kok bisa? Sedangkan yang kita beli itu ya iPhone itu sendiri, begitu kan?

Jadi begini teman-teman. Apple itu sebenarnya juga menjual “user experience” atau kesan dari pengalaman penggunaan iPhone. Coba deh teman-teman cek orang-orang di sekitar kita yang menggunakan iPhone Mereka cenderung puas dengan gadget yang mereka gunakan, walaupun secara detail angka RAM atau pun pixel kamera kalah saing dengan Android.

Berkaitan dengan user experience ini, kebanyakan dari mereka merasa apa yang mereka gunakan saat ini sudah lebih dari cukup untuk menunjang seluruh kegitan. Jadi, bukan semata-mata karena termasuk “Apple Fans Boy” tetapi karena user experience yang baik mereka beranggapan ngapain pindah ke Android? Main game udah lancar, kamera jernih, multitasking bagus, bikin instastory juga oke, terus ngapain ke yang lain? user experience ini merupakan hal langka yang tidak bisa kita dapatkan pada seluruh merek ponsel Android kecuali teman-teman membeli Android di kelas menengah hingga kelas flagship. Jadi, begitu ya alasan produk Apple (iPhone) mahal. Buka Juga : 5 Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina (Tiongkok)

Alasan Apple Mahal 3 : Apple Menjual Design

Alasan ini juga masih berkaitan dengan dua alasan sebelumnya yaitu Apple menjual design dan trend Apa maksud dari design dan trend ini? bahwa setiap iPhone mengeluarkan seri terbarunya mereka lebih sering menjadi “center of design & trend” atau lebih simpel nya menjadi kiblat bagi smartphone lain. Alasan ini cukup masuk akal mengingat penampakan iPhone sering ditiru oleh jajaran jajaran Android gak percaya? ini nih salah satu contohnya tentang bagaimana konsep poni dari iPhone X “ditiru” oleh beberapa brand besar dari Smartphone di dunia. Tidak perlu kami sebutkan beberapa brand besar yang kami maksud, yang jelas mungkin gambar berikut ini bisa pembaca cari tahu sendiri.

Nah dari contoh-contoh yang tadi sudah kami sampaikan, selayaknya desain dan tren yang mereka ciptakan, mereka akan meminta harga dengan nominal yang tidak murah. Karena ide itu sangat mahal harganya. Begitu ya teman-teman beberapa alasan kenapa iPhone (Apple) harganya mahal. Oke teman-teman, sekian dulu artikel kami tentang alasan Apple harganya mahal, semoga bisa menambah sedikit informasi untuk teman-teman sekalian.

Leave a Comment